Senin, 30 Desember 2013

Galileo Potret Buram Gereja dan Alkitab

Alkitab tidak akan pernah sama dengan sain, banyak ilmuan dihukum mati/bakar hidup-hidup karena hasil temuannya berlawanan dengan isi bible. Galileo galilei, satu diantara para ilmuan korban kebiadaban gereja, teori heliosentris, yang dikembangkan sampai saat ini.

Galileo dalam karyanya “Matahari Centris”mengatakan, “Matahari adalah pusat tata surya, bukan bumi sebagai pusat tata surya”. Temuan ini bertentangan dengan bible mengatakan “Bumi adalah pusat tata surya, matahari mengelilingi bumi” (Yoshua 10:12-13), Kitab Kejadian 1:1-18 dikatakan oleh dogmatika sebagai Geosentris.

2Petrus 1:20-21 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Berdasarkan ayat diatas maka :”Dengan tuduhan kafir, otoritas tertinggi kemudian merasa terganggu dan berkewajiban memanggilnya. Sejarah mencatat, Rabu, 22 Juni 1632, Galileo dikenai hukuman rumah karena dianggap telah mengganggu keimanan umat, dicap pemberontak dan dianggap melecehkan kitab suci dengan membuat tafsir sendiri.

Atas kebiadaban Gereja, Galieo pun menerbitkan buku kritiknya terhadap autokrasi Gereja yang berjudul: "Dialogo Sopra I Due Massimi Sistemi del Mondo" (Dialog Seputar Dualisme Sistem Dunia)... Gereja pun semakin gerah dengan Galileo dan akhirnya Galileo pun ditahan dengan wewenang hukum pidana "mencemarkan nama baik dan menghina kesakralan dan kesucian Gereja tahun 1630... kondisi kesehatan beliau memburuk, mata beliau nyaris buta.

Di masa pengasingan oleh hukuman Gereja, Galileo tetap menulis buku-buku ilmiah seputar matematika dan fisika, serta melakukan penelitian dari pengamatan astronomi beliau dan dicatatnya...

Galileo Galilei terlahir 15 Februari 1564, meninggal di Arcetri 8 Januari 1642. belajar kedokteran di Universitas Pisa, Pada 1589, menjadi guru besar matematika di Pisa. Pada 1592-1610 menjadi profesor matematika di Universitas Padua,
Untuk menutup sejarah kelam gereja, Galileo baru diampuni secara resmi oleh Gereja Katolik pada Oktober 1993 oleh Paus Joanes II.